Senin, Januari 12, 2009

STUDY LAPANGAN

BELAJAR DI LUAR KELAS

Berawal dari tuntutan materi pembelajaran Keanekaragaman Hayati yang amat banyak dan bervariasi, maka gita warga kelas X melakukan pembelajaran di luar kelas. Sekalian mengurangi kejenuhan di dalam kelas. Belajar di luar kelas? Bukankah itu biasa saja? dikebun, kolam atau disawah. Belajar di luar kelas kali ini luar biasa, karena dilakukan dikebun Raya Purwodadi yang luasnya berhektar - hektar dengan koleksi ribuan jenis tanaman.

Sekolah boleh swasta, tapi kualitas pembelajaran nggak boleh kalah dengan yang negri. Dikebun Raya Purwodadi kita bisa mengidentifikasi ciri – ciri dan macam berbagai jenis tumbuhan misal Paku – Pakuan, Anggrek, Tumbuhan Hutan Tropis dsb.

Selain kita dapat belajar dalam situasi alam yang segar dan menyenangkan, kita juga belajar bersosialisai, berkomunikasi, bertanggung jawab dan mandiri. Dalam pengamatan ciri dan macam tumbuhan kita dipadu oleh nara sumber dari Kebun Raya, jadi kita bisa melatih cara dan sikap berkomunikasi dengan orang yang masih asing. Kita dituntut untuk menjaga diri masing – masing baik diperjalanan maupun di lokasi dan kita juga dituntut menyelesaikan tugas tepat waktu.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari pembelajaran di luar kelas ini. Karena jarak yang lumayan jauh, kita harus berangkat pagi – pagi selepas sholat subuh dengan transportasi empat buah bus. Ini sudah menuntut kita untuk disiplin dan bertanggung jawab misalnya untuk bangun pagi, nyiapin barang bawaan, dan masuk ke bus masing – masing sesuai kelompok kita.

Di lokasi pengamatan kita harus pandai – pandai menjaga sikap, berkomunikasi dengan pemandu dan fokus pada pembelajaran. Begitu pula waktu kita jalan – jalan di mall, kita bisa nambah wawasan dan pengetahuan yang berharga. Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi kita semua, Amin…

1 komentar:

  1. Tapi kegiatan spt itu jangan hanya dilakukan sekali doooonng...!dan yang penting lagi ...pengembangannya bagi siswa itu sendiri .

    BalasHapus